Thursday, October 12, 2017

Konfigurasi Antar VLAN Routing pada Router Cisco dan Layer 3 Switches

Panduan langkah demi langkah untuk mengkonfigurasi Routing Antar-VLAN pada router Cisco atau switch layer 3. Pada dasarnya, pada VLAN, tidak ada host yang dapat berkomunikasi dengan host dalam VLAN lainnya. Artinya hanya host yang merupakan anggota VLAN yang sama yang bisa berkomunikasi satu sama lain. Jadi jika Anda ingin host VLAN Anda dapat berkomunikasi satu sama lain, Anda harus mengkonfigurasi perutean antar-VLAN menggunakan router atau switch layer 3. Di sini kita benar-benar menunjukkan konfigurasi Inter-VLAN menggunakan router Cisco dan switch layer 3.

Router yang Anda gunakan untuk perutean Inter-VLAN harus kompatibel dan mendukung Inter-Switch Link (ISL) yang merupakan protokol berpemilik Cisco Systems, dan format frame IEEE 802.1q untuk routing pada antarmuka Fast Ethernet. Dalam Inter-VLAN antarmuka Fast Ethernet fisik router dibagi menjadi sub-Antarmuka untuk setiap VLAN. Anda dapat mengatur alamat IP untuk setiap sub-Interface agar dapat merutekan antara VLAN.

Cara Membuat VLAN di Cisco Switches?



















Mari kita konfigurasikannya di Lab Perutean Inter-VLAN di bawah ini. Download Packet Tracer Inter-VLAN routing untuk CCNA atau buat Lab Anda sendiri.

1. Pertama-tama, buat dua VLAN di switch dan beri nama VLAN A dan VLAN B dengan perintah berikut.








2. OK, VLAN A dan B berhasil dibuat. Sekarang periksa dengan perintah "show vlan".

















3. Anda melihat hasilnya pada tangkapan layar, VLAN siap untuk menugaskan port switch ke mereka.

Menetapkan Port Switch untuk VLAN

Pada bagian ini, port switch dibagi dan ditetapkan ke VLAN. Sebelum mengkonfigurasi routing Inter-VLAN, host dalam VLAN hanya dapat berkomunikasi dalam VLAN sendiri dan tidak menjangkau VLAN lainnya. Jadi mari kita konfigurasikan.

1. Cobalah untuk menetapkan port switch untuk setiap VLAN dengan perintah berikut.






















2. Sekarang port FastEthernet 0/2 dan FastEthernet 0/5 adalah anggota VLAN 2 yang diberi nama VLAN-A. Pergi untuk mengatur PC3 dan PC2 ke VLAN-B.

3. Mari kita menetapkan rentang atau port ke VLAN menggunakan "range interface" perintah





Catatan: Perintah rentang antarmuka dapat menetapkan berbagai antarmuka ke VLAN. Baca lebih lanjut tentang konfigurasi VLAN dasar pada "Mengkonfigurasi VLAN pada Cisco Switches Using Cisco Packet Tracer"
















4. Sekarang kita baru saja melakukan konfigurasi VLAN dasar seperti membuat VLAN dan menugaskan port switch ke VLAN. Mari mengaktifkan mode Trunking pada port switch ke router dan kemudian mengkonfigurasi routing Inter-VLAN di router.

Konfigurasikan Trunking Ports on Switch

Dengan perintah "switch port mode trunk" Anda bisa mengkonfigurasi trunking pada port FastEthernet 0/1 dari SW1. VLAN Trunking Protocol (VTP) membiarkan VLAN mentransmisikan trafik mereka melalui jalur fisik secara bersamaan. Baca lebih lanjut tentang VTP di situs Wikipedia.


 1. Cukup navigasikan ke interface FastEthernet 0/1 dan ketik "switchport mode trunk" tekan enter untuk mengaktifkan trunking pada garis antarmuka Fa0 / 1.

2. Sekarang VLAN dapat mengirimkan lalu lintas ke FastEthernet 0/1 tanpa masalah.

Catatan: Cobalah untuk mengaktifkan mode trunking hanya untuk antarmuka antara untuk beralih atau perangkat router. Ini tidak perlu mengaktifkannya pada antarmuka peralihan ke PC.

Konfigurasikan Routing Inter-VLAN di Router Cisco
Akhirnya, lab siap untuk mengkonfigurasi routing Inter-VLAN. Jika Anda menguji PC, mereka bisa melakukan ping satu sama lain dalam VLAN namun tidak dengan VLAN lainnya. Jadi untuk berkomunikasi mereka butuh routing. Bukan protokol routing jaringan seperti static routing atau dynamic routing seperti RIP, dan OSPF. Hanya perlu Inter-VLAN Routing yang Anda cukup mengkonfigurasi sesuai dengan panduan routing Inter-VLAN di bawah langkah demi langkah.

1. Cobalah untuk menetapkan alamat IP ke router dan mengaktifkan antarmuka yang Anda inginkan untuk mengkonfigurasi perutean antar-VLAN.
















2. Baik, IP 192.168.10.1 dengan subnet mask 255.255.255.248 ditugaskan untuk antarmuka FastEthernet 0/02 fisik.

Catatan: Kita perlu memiliki subinterface untuk setiap VLAN pada router. Subinterface adalah kartu antarmuka virtual yang dilakukan antar-VLAN untuk menggunakannya.

3. Sekarang cobalah untuk membuat subinterface untuk setiap VLAN dengan perintah interface dan menetapkan alamat IP dari jaringan yang berbeda untuk setiap VLAN. Dalam kasus ini, saya telah membagi alamat IP 192.168.10.0/24 ke 3 jaringan.






4. Lihat hasilnya dengan "do show ip interface singkat" dari sub-interface area










Antarmuka virtual FastEthernet0 / 0.2 telah dibuat dan memiliki alamat IP 192.168.10.9. Sub-interface ini bertindak sebagai gateway default untuk VLAN-A dengan alamat 192.168.10.8/29.

5. Lakukan hal yang sama untuk membuat sub-interface untuk VLAN-B juga.











6. Semuanya baik-baik saja, tapi Anda melihat kesalahan dengan warna merah! Itu karena kita lupa mengatur perintah enkapsulasi dot1Q. Sebelum menetapkan alamat IP ke sub-interface, Anda harus mengatur IEEE 802.1q dengan perintah enkapsulasi.

Akhirnya, semua host VLAN bisa berkomunikasi satu sama lain. Itu saja yang Anda butuhkan untuk mengkonfigurasi perutean Inter-VLAN di jaringan perusahaan Anda. Download Lab lengkap dari Inter-VLAN routing Cisco Packet Tracer Lab. Ikuti langkah-langkah di bawah ini jika Anda ingin mengkonfigurasi antar-VLAN pada Layer 3 Switches atau mengatasi masalah antar-VLAN pada router dan switch.
Mengkonfigurasi Inter-VLAN Menggunakan Layer 3 Switches

Bekerja sama, hanya butuh switch Cisco Layer 3. Untuk mengkonfigurasi Inter-VLAN pada switch Layer 3, Anda harus menetapkan alamat IP ke VLAN alih-alih sub-interface. Menetapkan alamat IP ke VLAN mudah, hanya membaca bagian "Menetapkan alamat IP ke VLAN" di akhir artikel ini.

Untuk mengkonfigurasi routing Inter-VLAN menggunakan switch layer 3, Anda tidak perlu router lagi. Semua konfigurasi telah dilakukan di dalam lapisan 3 switch.
Mengatasi masalah dan Menetapkan alamat IP ke VLAN

Karena postingan ini terkait dengan konfigurasi perutean Antar VLAN, maka kita harus melakukan beberapa hal lagi tentang konfigurasi VLAN seperti menetapkan alamat IP ke VLAN, mengendalikan VLAN dari jarak jauh dengan Telnet, dan beberapa perintah pemecahan masalah yang penting.
Bagaimana Menetapkan alamat IP ke VLAN?

Untuk menetapkan alamat IP ke VLAN, cukup masuk ke VLAN dan tetapkan alamat IP seperti menetapkan alamat IP ke antarmuka router.




Periksa dengan perintah "do show ip interface brief", apakah default VLAN 1 telah mendapatkan alamat IP 192.168.10.4/29 atau tidak.






Ya itu baik baik saja. Ini dapat membantu Anda mengkonfigurasi VLAN dari jarak jauh melalui internet atau jaringan.
Mengatasi Masalah Inter-VLAN Routing

Untuk melihat VLAN pada switch, ketik perintah "show vlan". Perintah ini akan mencantumkan semua VLAN yang dibuat dalam sebuah switch.

Perintah "show interface trunk" menunjukkan enkapsulasi dan status trunking.
"Tampilkan antarmuka fastEthernet 0/1 switchport" menampilkan status port switch tertentu. Lihat hasilnya pada tangkapan layar.




OK, saya pikir itu cukup untuk Mengkonfigurasi routing Inter-VLAN. Saya harap Anda menemukan ini mengonfigurasi artikel perutean Inter-VLAN yang bermanfaat dan jika Anda memiliki masalah atau pertanyaan terkait artikel ini, mintalah kami melalui bagian komentar.

No comments:

Post a Comment