Thursday, October 12, 2017

Mengkonfigurasi VLAN pada Cisco Switch Menggunakan Cisco Packet Tracer

Ini adalah cara mengkonfigurasi VLAN pada Cisco Switch atau Virtual LAN pada Cisco Switches di jaringan Anda. VLAN adalah jaringan switched yang tersegmentasi secara logis oleh fungsi, tim proyek, atau aplikasi, tanpa memperhatikan lokasi fisik pengguna. VLAN memiliki atribut yang sama dengan LAN fisik, namun Anda dapat mengelompokkan komputer meskipun tidak berada di segmen LAN yang sama. Setiap port switch dapat termasuk dalam paket VLAN, dan unicast, broadcast, dan multicast yang diteruskan dan dibanjiri hanya untuk mengakhiri stasiun di VLAN.

Setiap VLAN dianggap sebagai jaringan logis, dan paket yang ditujukan untuk stasiun yang bukan milik VLAN harus diteruskan melalui switch router atau bridge atau layer 3. Karena VLAN dianggap sebagai jaringan logis yang terpisah.

Di sini kita hanya mengkonfigurasi VLAN pada switch Cisco dan tidak berbicara tentang VTP, STP, dan teknik Switching lanjutan lainnya. Ini adalah konfigurasi VLAN dasar. Baca lebih lanjut tentang VLAN di Cisco Packet Tracer CCNA Lab.
 
Bagaimana Mengkonfigurasi VLAN di Cisco Switch?
Mari kita mulai mengkonfigurasi VLAN pada switch Cisco menggunakan Cisco Packet Tracer. Anda dapat mendownload VLAN Lab atau membuat lab Anda dalam pelacak paket Cisco atau simulator jaringan lainnya.

1. Buka lab VLAN dan buat ketiga VLAN ini dan dinamai Marketing, Accounting, and Sales. Jadi mari kita buat mereka dengan perintah berikut.

2. Pertama, ganti nama switch dengan perintah "hostname".






3. Sekarang buat VLAN menggunakan perintah "VLAN".








4. Ketik perintah "do sh vlan" dari config mod untuk melihat apakah VLAN dibuat atau tidak

















Anda melihat VLAN berhasil dibuat.

5. Sekarang coba tambahkan interface ke masing-masing VLAN ini. Semua port Antarmuka berada dalam VLAN default dan belum dikelompokkan ke dalam Pemasaran, Akuntansi, dan Penjualan. Jadi, coba tambahkan sebuah antarmuka ke VLAN dengan perintah "Switchport".









Saya telah menambahkan [fastEthernet 0/5] dan [fastEthernet 0/6] ke VLAN 2 yang merupakan VLAN Pemasaran kami. Dalam metode ini, kita menambahkan masing-masing antarmuka satu per satu, namun Anda bisa menggunakan "Interface range" untuk menambahkan sekelompok port ke VLAN





6. Terakhir ketik "do sh vlan" dan lihat hasilnya lagi.

















Sekarang Anda dapat mengatur VLAN pada Switch jaringan Anda. Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi Inter-VLAN Routing. Saya harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat dan memberi komentar kepada kami tentang kualitas dan peningkatan artikel

No comments:

Post a Comment