Saturday, September 23, 2017

Membuat Simulasi Desain Web Server Pada Jaringan



 Tutorial Cisco Packet Tracer kali ini akan membahas tentang Cara membuat design atau simulai jaringan, namun di sini saya lebih menekankan kepada soal Web Server. Sebelum itu, apa pengertian dasar dari Web Server?

Dapat disimpulkan bahwa web server, yang merupakan pelayan (pemberi layanan) bagi web client (browser) seperti halnya Mozilla, Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari dan lain sebagainya, agar browser dapat menampilkan halaman atau data yang diminta.


1. Buatlah rangkaian/desain seperti gambar dibawah ini

Di sini kita hanya membutuhkan 1 komputer dan 1 server yang disambungkan dengan kabel cross-over.

2. Setelah itu kita setting ip adress komputer dan server, di sini saya contohkan dengan ip adress sebagai berikut :
Komputer > 200.200.10.2
Server > 200.200.10.3

Lalu kita cek sambungan jaringan dengan melakukan ping dari komputer ke server, caranya klik 2X pada komputer lalu pada tab desktop klik command prompt, lalu ketikkan "Ping 200.200.10.3" (tanpa tanda kutip).

Jika tertera Tulisan TTL pada akhir (TTL= Time To Live), itu berarti sambungan antara komputer dengan server berhasil.

3. Setelah masing-masing perangkat telah diatur ip adress-nya dan tersambung baik, sekarang kita akan menkonfigurasi HTTP pada web server, klik 2X pada device server, lalu klik tab services yang ada pada bagian atas.






Lalu save
5. Sekarang kita coba script untuk web server tersebut, caranya klik 2X pada device komputer > Desktop > Web Browser. Lalu pada kolom url, kita isikan ip adress dari server yaitu 200.200.10.3 lalu tekan enter atau klik GO.




Jika muncul tampilan seperti gambar di atas, maka praktek membuat web server pada jaringan telah dinyatakan berhasil. Agar tampilan halaman lebih menarik, silahkan kalian pelajari hal-hal tentang HTML.

Juga jika kalian ingin mengetahui perbedaan tampilan web server pada  script bawaannya, silahkan ulangi tutorial ini tanpa mengubah isi dari index.html. Maka kalian akan melihat tampilan web server bawaannya software Cisco Packet Tracer.

Sekian tutorial dari saya tentang cara bagaimana membuat design atau simulasi jaringan web server dengan menggunakan Cisco Packet Tracer, semoga bermanfaat.

Disarankan juga untuk membaca tutorial Cisco Paket Tracer Seperti :

ACL (Access Control List ) di Cisco Paket Tracer

Konfigurasi RIP , EIGRP DAN OSPF

Cara Setting Vlan di Cisco Paket Tracer













1 comment: