Wednesday, October 11, 2017

DHCP dan DHCPV6 di Router Cisco?

DHCP dan DHCPV6 di Router Cisco?

DHCP adalah Dynamic Host Configuration Protocol
DHCPv6 adalah Dynamic Host Configuration Protocol untuk IPv6.

Protokol Konfigurasi Hos Dinamik (PKHD) (bahasa Inggris: Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.

IPv6 (Internet Protocol version 6) adalah protokol internet generasi baru yang menggantikan protokol versi sebelumnya (IPv4). IPv6 dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Tujuan utama diciptakan IPv6 karena keterbatasan ruang alamat di IPv4 yang hanya terdiri dari 32 bit. Paket Link Layer pada IPv6 harus mendukung ukuran paket 1280 Byte dan harus bisa menyusun kembali paket yang berukuran 1500 Byte.

Membuat dan Mengkonfigurasi Lab CCNA dalam Cisco Packet Tracer.








Buat diagram jaringan dengan deret router dan ada jaringan LAN lalu konfigurasikan dengan panduan langkah demi langkah berikut. Nama router, R1 dan R2

Konfigurasi Router 1 dengan alamat IP di bawah dan konfigurasi awal. Saya asumsikan Anda tahu dan mengerti konfigurasi router dan Switch dasar dengan jelas. Jadi tidak perlu dijelaskan fungsi router dasar dan switch command line.















Untuk Router 2, konfigurasikan serial interface yang sama 0/0/0 dan fastEthernet 0/0 dengan perintah berikut


















Mengkonfigurasi DHCP di Cisco Router mengkonfigurasi dhcp di router cisco Menggunakan Packet Tracer

Lets config Router 2 sebagai DHCP Server dan atur klien untuk mendapatkan alamat IP dari DHCP Server.

Pada R2 saat Anda berada dalam mode config, ketik perintah 'ip dhcp excluded-address 192.168.10.1 192.168.10.20' lalu tekan enter. Perintah 'ip dhcp excluded-address' ini akan menciptakan rangkaian alamat IP eksklusif yang disediakan untuk Server Jaringan dan Server DHCP tidak akan memberikan tema kepada klien.

Perintah 'ip dhcp pool' membuat kolam untuk jaringan. Anda dapat membuat banyak kolam di router untuk semua jaringan area lokal yang terhubung ke router.



























Sekarang pergi ke pengaturan klien dan mengatur IP Configuration ke DHCP dan melihat klien mendapatkan alamat IP baru dari DHCP Server















Jadi begitulah, konfigurasikan DHCP di router Cisco dalam satu menit! Sederhana dan mudah.
Pilihan DHCP pada Router Cisco
Ingat beberapa opsi DHCP saat Anda perlu memberikan alamat IP dari server DCHP kepada klien yang berada di luar jaringan Anda atau tidak berada di Jaringan Area Lokal yang sama. Anda harus menggunakan 'ip helper-address' untuk meneruskan permintaan klien DHCP ke host jarak jauh.























Konfigurasikan R1 untuk menyampaikan permintaan klien DHCP. Ini tidak bekerja tanpa routing. Jadi konfigurasikan Router dengan routing statis atau dinamis. Di sini saya sedang menguji dengan RIP.















Buka pengaturan konfigurasi IP klien dan lihat permintaan diteruskan oleh DHCP Server.














Harap Anda mempelajari konfigurasi DHCP Server di Router Cisco dan Unduh Konfigurasi CCNA Lab - DHCP di Router Cisco

Kata sandi file adalah technig.com

No comments:

Post a Comment