Wednesday, October 11, 2017

Bagaimana Mengkonfigurasi Protokol Routing OSPF Menggunakan Packet Tracer?

Pos lain yang terkait dengan Sertifikasi CCNA, dan kali ini pelajari cara mengkonfigurasi routing OSPF? Konfigurasi protokol routing OSPF semudah RIP Routing. Open Shortest Path First (OSPF) adalah protokol routing untuk jaringan area luas dan jaringan perusahaan. OSPF mungkin adalah protokol gateway interior yang paling banyak digunakan (IGP) di jaringan perusahaan besar. IS-IS, adalah protokol routing dinamis link-state yang lain, yang lebih umum terjadi pada jaringan penyedia layanan besar. Protokol eksterior eksterior yang paling banyak digunakan adalah Border Gateway Protocol (BGP), protokol routing utama antara sistem otonom di Internet.
Perintah Dasar Router





















Router 1: Lakukan konfigurasi dasar router, switch dan komputer Anda. Tetapkan alamat IP untuk setiap antarmuka yang sama dengan tangkapan layar. Diagram adalah alamat IP tanpa kelas dan sub-terjaring ke banyak jaringan. Jadi itu berarti Anda harus terbiasa dengan IP sub-netting dan VLSM.

































Router 2: Lakukan konfigurasi berikut untuk Router 2.
























Router 3: Sekarang coba atur IP address untuk Router 3 interface juga


Bagus, konfigurasi dasar telah berhasil dan sekarang mulai mengkonfigurasi protokol routing OSPF di jaringan ini.

Bagaimana mengkonfigurasi protokol routing OSPF?

Lab siap untuk routing, mendownload dan mengkonfigurasi OSPF routing dengan panduan langkah demi langkah berikut. Di router R1 konfigurasikan OSFP routing dengan perintah Router ospf.

Perintah OSPF router mengaktifkan routing OSPF di router, dan 1 sebelum OSFP adalah ID proses Protokol OSFP. Anda dapat mengatur id proses yang berbeda dari "1-65535" untuk setiap router.

Perintah jaringan dengan network ID "network 20.10.10.0" adalah network identifier, dan "0.0.0.3" adalah topeng wildcard dari jaringan 20.10.10.0. Topeng wildcard menentukan antar muka mana yang akan diiklankan, karena OSPF mengiklankan antarmuka, bukan jaringan.






















OK, konfigurasi routing OSPF telah selesai dengan sukses, sekarang uji jaringan anda apakah mereka bisa melakukan ping satu sama lain atau tidak. Di Lab saya mereka bekerja sempurna, Anda bisa mendownload dan melihat hasilnya. Konfigurasikan OSPF Routing Protocol - Lab Lengkap.

No comments:

Post a Comment