Wednesday, October 11, 2017

Bagaimana Mengkonfigurasi Routing Information Protocol (RIP) pada Router Cisco?

ri ini saya akan menunjukkan kepada Anda, bagaimana cara mengkonfigurasi Routing Information Protocol (RIP) pada Router Cisco. RIP adalah salah satu protokol routing distance vector yang tertua dan bekerja dengan sempurna dengan IPv4. Protokol informasi routing generasi berikutnya untuk IPv6 dikenal sebagai RIPng (RIP generasi berikutnya). Jadi pada artikel ini kita akan menguji RIP dengan IPv4.

Akan lebih baik jika Anda memiliki laboratorium Cisco fisik untuk menguji RIP, jika tidak, Anda dapat menggunakan GNS3, Cisco Packet Tracer atau perangkat lunak simulator jaringan setara. Di sini saya menggunakan packet tracer dan Cisco RIP routing lab yang telah saya buat dapat didownload dari link di bawah ini. Cukup unduh dan konfigurasikan perutean dasar dengan alamat IP yang ditetapkan untuk setiap antarmuka router. Ini membantu Anda untuk mempraktikkan beberapa perintah dasar router juga. Saya yakin Anda bisa melakukannya, tapi jika memerlukan bantuan, baca perintah dasar router dari google.

Downlaod Routing yang tidak dikonfigurasi RIP Prococol lab yang memerlukan konfigurasi dasar dan yang satu ini RIP Prococol - Lab CCNA - Lab RIP untuk CCNA dikonfigurasi dengan konfigurasi dasar dan esensial.























Mengkonfigurasi Routing Information Protocol (RIP)

Jadi mari kita mulai mengkonfigurasi protokol informasi routing di lab ini. Pergi ke lab anda dan buka router 1 (R1) yang merupakan router utama yang terhubung ke ISP router. Lakukan perintah berikut untuk RIP Routing.









Setelah mengaktifkan router dengan enable command maka masuk ke privileged mode dengan configure terminal command. Sekarang dengan perintah router rip, aktifkan routing untuk semua router. Perintah versi 2, konfigurasikan protokol informasi routing dengan versi dua. Dan selanjutnya atur semua network id seperti perintah network diatas. Saya telah mengatur ketiga jaringan yang terhubung langsung ke R1.


Sekarang masuk ke router R2 dan konfigurasikan protokol routing sama seperti router R1. Pada router 2 Anda harus menetapkan ID jaringan dari semua jaringan yang terhubung R2.






























Untuk ISP router, cukup masuk network id 200.100.10.0, karena hanya satu jaringan yang terhubung ke ISP router.




















OK, tugas routing Anda dengan RIP berhasil dilakukan, sekarang semua perangkat jaringan dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa ada masalah melalui protokol informasi routing. Ujilah mereka dengan perintah ping dan pastikan mereka harus melakukan ping dengan benar. Jika mereka tidak melakukan ping satu sama lain, maka perutean Anda memiliki beberapa masalah. Anda harus memecahkan masalah itu. Di sini Anda dapat mendownload proyek RIP Lab Routing yang selesai bekerja dengan baik.

No comments:

Post a Comment